Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Ambles, Jalan Tembus Jangli-Undip Semarang Diperbaiki

Kompas.tv - 5 Juli 2023, 16:22 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Upaya penanganan amblesnya jalan tembus Jangli menuju Kampus Undip Tembalang Kota Semarang, Selasa (4/7/2023) pagi terus diupayakan pengerjakannya dengan melakukan empat borphail di 53 titik atas dan bawah, pembuatan tanggul penahan, penanaman tanaman keras, serta pembuatan dinding penahan tanah pada bagian atas.

Empat langkah penguatan pada titik amblasnya tanah di jalan tembus Jangli-Kampus Undip ini dilakukan, pasalnya, kondisi kontur tanah yang mudah tergerus air saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

“Dan kami juga berterima kasih dengan komitmen dari penyedia jasa, bahwa hingga detik ini, upaya supaya jalan tembus Jangli-Undip ini bermanfaat, masih komit. Selain itu tadi saya sampaikan ada borphail di sisi barat, itu juga nantinya akan dilakukan penguatan dengan tambingan dengan lapisan tanah yang bagus, dalam hal ini dengan padas,” jelas Tunggul Hapsoro Adi, Kabid Pendayagunaan Infrastruktur Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang.

Jalan tembus sepanjang 800 meter yang membelah bukit di kawasan Jangli Kota Semarang ini, menggunakan anggaran APBD Kota Semarang sekitar Rp 29 miliar. Karena belum diserahterimakan ke Pemerintah Kota Semarang dari pihak kontraktor, tanggung jawab perbaikan dan penanganan masih menjadi tanggung jawab dari pihak kontraktor.

Namun, untuk penanganan lanjutan yang dimungkikan terjadi amblas saat musim penghujan, Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang melakukan upaya pembenahan, untuk memperkuat kondisi jalan yang menjadi penghubung kawasan Jangli menuju ke kawasan Kampus Undip Tembalang, Semarang.

#jangli #undip #jalanambles



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x