Kompas TV regional sumatra

Bebek dan Ayam Kampung Jadi Incaran Warga di Hari Raya

Kompas.tv - 4 Juli 2023, 13:58 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH BESAR, KOMPAS.TV - Selain daging, bebek dan ayam kampung selalu menjadi incaran warga Aceh Besar saat perayaan meugang lebaran. Bebek dan  ayam hasil peliharaan ini memang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan warga saat lebaran karena permintaannya meningkat hingga dua kali lipat dari hari biasanya.

Harganya pun bervariatif. Untuk ayam kampung muda dibrandol mulai dari harga 80 ribu rupiah hingga 150 ribu rupiah untuk ukuran besar. Sedangkan harga bebek dimulai dari 120 ribu rupiah hingga 220 ribu rupiah tergantung jenis dan ukuran bebek yang dibeli. 

Meski harganya mahal, masyarakat Aceh tetap membeli bebek dan ayam kampung karena sudah menjadi makanan tradisi yang dimasak saat perayaan meugang dan disantap bersama keluarga. 

Adapun bebek dan ayam kampung ini akan diolah menjadi gulai masak mirah, gulai bebek putih, masak ayam keueung dan aneka masakan khas Aceh lainnya. Bebek dan ayam kampung ini dipilih karena cita rasanya yang manis dan empuk sehingga menambah kenikmatian sajian makanan khas Aceh.

Pedagang pun kewalahan melayani pembeli terutama saat lebaran Idul Adha. Biasanya daging ayam ini akan disimpan warga untuk kebutuhan pasca lebaran sebab pasar tutup hingga tiga sampai tujuh hari setelah lebaran. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x