Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Dampak Gempa Bantul: 15 Rumah dan 1 Fasilitas Kesehatan Rusak

Kompas.tv - 30 Juni 2023, 21:40 WIB
dampak-gempa-bantul-15-rumah-dan-1-fasilitas-kesehatan-rusak
Dampak kerusakan akibat gempa bumi yang mengguncang wilayah Daerah Istiwewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat (30/6/2023) malam WIB. (Sumber: BNPB)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Ada 17 titik yang terdampak akibat gempa bumi yang mengguncang wilayah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat (30/6/2023). Salah satunya adalah rusaknya satu fasilitas kesehatan. 

Laporan sementara tersebut disampaikan oleh Humas Basarna DIY yang diterima Kompas.tv Pukul 21.08 WIB. 

"Informasi dampak kerusakan di Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulon Progo. Total dampak adalah 17 titik. Dampaknya antara lain: Rumah Rusak (15 Unit), Fasilitas Pemerintah (1 titik), Fasilitas Kesehatan (1 titik) dan fasilitas Pendidikan (2 titik)," tulis laporan Basarnas DIY. 

Baca Juga: 12 Perjalanan Kereta Api Sempat Dihentikan Akibat Gempa Bantul

Melansir Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempat bumi M6,4 terjadi pada pukul 19.57.43 WIB di 86 km barat daya Bantul, Yogyakarta dengan kedalaman 25 km. 

Gempa bumi ini dirasakan sampai Kulonprogo, Nganjuk, Kebumen, Ponorogo (Jawa Timur), Kediri (Jawa Timur), hingga Mojokerto (Jawa Timur)

Hingga Pukul 20.40 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 5 (lima) gempa bumi susulan dengan magnitudo terbesar M4,5.

Selain itu, Basarnas DIY juga meminta masyarakat untuk tidak panik dan menghindari bangunan yang sudah retak. 

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbau Basarnas.

Basarnas juga mengimbau masyarakat untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak yang disebabkan oleh gempa

Baca Juga: Gempa 6,4 M Guncang Yogyakarta, Dirasakan Hingga Jawa Timur!

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah."


 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x