Kompas TV regional jabodetabek

Info Cuaca BMKG Hari Ini, Jabodetabek Berpotensi Hujan dan Petir

Kompas.tv - 30 Juni 2023, 07:13 WIB
info-cuaca-bmkg-hari-ini-jabodetabek-berpotensi-hujan-dan-petir
Ilustrasi badai petir. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini terkait prakiraan cuaca ekstrem yang melanda sebagian wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) pada hari ini Jumat (30/6/2023). (Sumber: Mathias Krumbholz via Wikimedia)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini terkait prakiraan cuaca ekstrem yang melanda sebagian wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) pada hari ini Jumat (30/6/2023).

Mengutip data bmkg.go.id, hujan dengan intensitas sedang diperkirakan akan turun di Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan pada malam nanti.

Secara rinci, suhu di Jakarta sepanjang Jumat berada pada kisaran 24-32 derajat Celcius dengan kelembapan 60-90 persen.

Baca Juga: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Hari Ini 30 Juni 2023, Cek Wilayah Terdampak

Bogor dan Tangerang Hujan

Di Bogor dan Tangerang, hujan ringan berpotensi turun pada malam hari. Suhu rata-rata di dua kota tersebut adalah sekitar 22-29 derajat Celcius untuk Bogor dan 23-33 derajat Celcius untuk Tangerang.

Kelembapan juga cukup tinggi, yaitu sekitar 65-95 persen untuk Bogor dan 55-95 persen untuk Tangerang. Kelembapan yang tinggi ini dapat mendukung terbentuknya awan dan terjadinya hujan ringan.


Depok dan Bekasi Cerah

Sementara untuk wilayah Depok dan Bekasi, diperkirakan akan cerah dan berawan sepanjang hari.

Suhu rata-rata di Depok berkisar antara 23-32 derajat Celcius, sementara di Bekasi suhu berkisar antara 24-32 derajat Celcius.

Kelembapan juga cukup tinggi, yaitu sekitar 65-95 persen untuk wilayah Depok dan 60-95 persen untuk wilayah Bekasi.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Jemaah Haji Diminta Waspada Terjadinya Heat Stroke saat Armuzna

Meskipun cuaca cerah dan berawan, kelembapan yang tinggi ini tidak menutup kemungkinan terbentuknya awan dan potensi hujan di waktu tertentu.

Masyarakat diharapkan untuk tetap memantau peringatan dan update cuaca dari BMKG dan otoritas lokal masing-masing serta mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan.



Sumber : Kompas TV, bmkg.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x