Kompas TV regional berita daerah

Kisah Aiptu Sugino, Polisi yang Sukses Jadi Peternak Sapi di Pemalang

Kompas.tv - 29 Juni 2023, 06:52 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Seorang anggota kepolisian Polres Pemalang, Aiptu Sugino, menjelang hari raya Idul Adha dipastikan meraup banyak cuan. Pasalnya, warga Desa Waru Lor Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan ini juga menjadi peternak sapi.

 

Menjelang hari raya Idul Adha atau hari raya kurban, permintaan hewan kurban meningkat tajam. Dari 61 ekor sapi yang dipelihara, 55 ekor diantaranya sudah berpindah tangan ke pembeli untuk disembelih pada hari raya kurban nanti.

 

Harga sapi yang ditawarkan juga berani bersaing dengan harga pasar, tergantung jenis dan bobot sapinya. Di peternakan ini, ada empat jenis sapi, yakni Saron, Pegon, Simental dan Limosin yang dibandrol dengan harga 17 juta hingga 60 juta rupiah.

 

Ayah 3 anak ini mulai menjalankan kegiatan peternakan ini sejak tahun 2000. Dia nekad meminjam koperasi di kantornya untuk dibelikan 1 ekor sapi. Dari tahun ke tahun, usaha peternakannya semakin meningkat dan jumlah sapinya bertambah banyak.

 

Sugino memilih pekerjaan sampingan menjadi peternak karena sejak kecil sudah terbiasa dengan kehidupan pertanian dan peternakan di kampungnya. Selain itu, usaha peternakan ini juga dalam rangka membantu pemerintah di bidang ketahanan pangan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x