Kompas TV regional jawa barat

Unik! Sambut Libur Panjang dengan Menggelar Pawai Taaruf

Kompas.tv - 28 Juni 2023, 15:32 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

 

KARAWANG, KOMPAS.TV - Tradisi tahunan siswa dan siswi Madrasah Ibtidaiyah Alhikamusalafiyah yang berada di Dusun Jungklang, Desa Pamekaran, Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang berbeda dengan sekolah-sekolah pada umumnya. Di sekolah ini momentum menyambut kenaikan kelas dan libur panjang tidak hanya ditunggu para siswa dan siswi madrasah, namun juga ditunggu orang tua wali murid dan warga kampung lainya.

Pasalnya di momen kenaikan kelas ini, ada salah satu rangkaian acara yang ditunggu-tunggu siswa, orang tua muri, dan warga kampung yaitu "pawai taaruf" yang diisi dengan berbagai jenis karnaval yang menjadi hiburan rakyat, dan menjadi ajang pesta rakyat serta hari besar khusus di Kampung Jungklang. Karnaval yang dihadirkan cukup banyak dan bervariasi, mulai dari menampilkan makanan khas Kampung Jungklang, seperti opak ketan bakar. Ppak ketan bakar pada momen ini dibuat tidak seperti biasa, namun dibuat cukup besar sehingga menarik perhatian warga.

Selain itu, karnaval juga dimeriahkan dengan pesta tani yang membawa hasil bumi, kemudian miniatur ka’bah lengkap dengan para jemaah hajinya, kisah wali songo, miniatur perahu dengan hasil tangkapan ikanmya, ada juga alutista seperti kendaraan perang tank baja dengan tentaranya, serta di meriahkan marching band. Warga Kampung Jungklang, Desa Pamekaran yang mayoritas bekerja sebagai petani dan perantau, pada momen ini semua meliburkan diri dari aktivitas kerja, yang merantau mudik dari perantauan demi bisa menghadiri acara pesta tahunan warga kampung.

Pasalnya tradisi yang sudah berjalan sejak puluhan tahun lalu, ini hanya dilaksanakan satu tahun sekali dan dianggap sebagai hari raya warga Kampung Jungklang, serta destinasi wisata warga yang tidak bisa disaksikan di tempat wisata manapun.

 

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klink link di bawah:
IG : https://www.instagram.com/kompastvjabar/
Youtube : https://www.youtube.com/@KompasTVJawaBarat
Twitter : https://twitter.com/kompastv_jabar
Facebook : https://www.facebook.com/KompasTVJawaBarat
TikTok: https://www.tiktok.com/@kompastvjabar

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x