Kompas TV regional jawa timur

Tari Topeng Kaliwungu Tampil di Festival Pantai Selatan Lumajang

Kompas.tv - 26 Juni 2023, 19:13 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Lumajang Jawa Timur menggelar tari topeng kaliwungu di Pantai Watu Pecak Kecamatan Pasirian. Penari bergerak bersama dengan gerakan dan penampilan kolosal hingga memukau ribuan mata penonton. Pertunjukan yang dikemas dalam south beach festival ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Puncak acara south beach festival atau festival pantai selatan ini dimulai dengan atraksi 50 ekor kuda kencak di Pantai Watu Pecak Desa Selok Awar-Awar Kecamatan Pasirian, pada Minggu (25/6/2023). Kuda menari diiringi para penari kopiah khas Kabupaten Lumajang.

Tak lama kemudian, 500 penari topeng kaliwungu tampil di hadapan ribuan penonton. Tari topeng kaliwungu merupakan tarian khas Lumajang. Tari ini menjadi warisan budaya tak benda yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Tarian ini bercerita tentang legenda rakyat dimana ada seorang pemuda yang menangis kepada ibunya karena wajahnya tidak tampan dan selalu dihina wanita pujaan hatinya. Tak tega melihat tangis anaknya, sang ibu pun meminta anaknya untuk memakai topeng.

Baca Juga: Festival Banjir Tahu, Warga Lumajang Berebut Tumpeng Tahu Raksasa Setinggi 6 Meter

Warga antusias menyaksikan tarian topeng hingga membludak dan merepotkan penari untuk tampil maksimal. Festival pantai selatan akan digelar tahun depan dengan melibatkan penari lebih banyak lagi.

 

#festival #taritopeng #kaliwungu #lumajang 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x