Kompas TV regional berita daerah

Pengunjung Bisa Beli dan Nikmati Madu Langsung dari Sarang di Kebun Lebah Karanganyar

Kompas.tv - 26 Juni 2023, 19:07 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Kebun milik Tarjuki yang dikelola oleh Kelompok Tani Desa Mendolo, Karanganyar, Kabupaten Pekalongan kini jadi wisata baru. Disini puluhan kandang lebah dari kayu berjajar rapi di tiap titik.

 

Lebah-lebah disini tidak menyengat karena merupakan lebah jenis klanceng yang dibudidayakan. Ada dua jenis lebah klanceng yang dibudidayakan oleh para kelompok tani yaitu Lefisep dan Etama. Pengunjung bisa membeli madu langsung sambil bisa melihat proses memanennya. Bahkan pengunjung bisa langsung menghisap madu langsung dari sarang lebah sampai puas.

 

Menurut pengelola kebun lebah madu klanceng, Tarjuki, ide pembuatan wisata ini berawal dari kelompok tani di tahun 2017. Kemudian tentang bagaimana cara budidaya lebah klanceng, kelompok tani diajari oleh Yayasan Swara Owa.

 

Saat ini penikmat madu klanceng yang dikenal dapat menambah stamina itu sudah dipesan warga dari luar kota. Bahkan awal Juni lalu pengunjung dari Singapura dan Australia juga membeli madu dan menikmati langsung dari sarangnya.

 

Harga perbotol madu klanceng dibanderol Rp 200 ribu dengan jaminan keasliannya. Pengunjung juga bisa minum madu ditambah air hangat yang gratis diberikan oleh Tarjuki.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x