Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kantin Kebajikan, Makan Siang Gratis Setiap Selasa

Kompas.tv - 26 Juni 2023, 16:57 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Setiap hari Selasa, perkumpulan sosial Boen Hiang Tong membagikan makanan gratis kepada warga kurang mampu di Klenteng Rasa Dharma yang terletak di Jalan Gang Pinggir Kampung Pecinan, Kota Semarang.

Sekitar pukul 10.00 WIB, panitia sudah bersiap-siap menata nasi dan lauk yang akan dibagikan kepada warga. Warga sekitar yang mengetahui kegiatan ini pun mulai berdatangan. Sebelum makanan gratis dibagikan, kegiatan diawali dengan doa bersama sesuai agama masing-masing.

Kegiatan ini sudah dilakukan sekitar tujuh tahun terakhir, dan semua warga diperbolehkan  menikmati makanan dengan gratis. Setidaknya 100 porsi makanan selalu disediakan dengan menu yang berbeda.

“Orang-orang itu jam 11.00 WIB datang, terus duduk mereka makan bersama. Untuk semua kalangan boleh, semua agama boleh, kita nggak beda-bedain,” ujar Hok Thjoen, panitia.

Tujuan dari kegiatan kantin kebajikan ini tidak hanya untuk membantu dan meringankan beban hidup warga kurang mampu, namun juga mengajarkan kerukunan dan berbagi kasih kepada sesama umat manusia tanpa memandang suku, ras, dan agama.

Sementara ide awal ini adanya kantin kebajikan ini berawal dari kaum muda Konghucu yang merayakan ulang tahun dengan mentraktir teman atau saudara, kemudian dialihkan menuju kegiatan yang lebih positif, dengan mentraktir warga kurang mampu lalu dinamakan kantin kebajikan.

“Kalau bisa diperpanjang terus, soalnya banyak orang yang nggak punya, cari makan bersama,” jelas warga sekitar, Gunawan Santoso.

Membantu sesama bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan di mana saja, tanpa memandang ras, suku, dan, agama tertentu. Melalui adanya kantin kebajikan, perkumpulan sosial Boen Hiang Tong berupaya membantu warga sekitar secara sukarela.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x