Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Gelar Karya Kewirausahaan P5, Ajak Siswa Jadi Entrepreneur

Kompas.tv - 26 Juni 2023, 16:14 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Mengambil tema Membangun Jiwa Kewirausahaan Dalam Keberagaman Bhinneka Tunggal Ika Berasas Demokrasi, SMP Negeri 1 Kota Semarang menggelar gelar karya kewirausahaan di halaman sekolah, dengan mengajak siswa-siswi menjadi entrepreneur sejak dini sebagai upaya penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dalam program kurikulum Merdeka.

Kegiatan gelar karya ini merupakan implementasi atas ide atau inovasi yang telah dikembangkan oleh peserta didik sesuai dengan kelompoknya. Baik berupa penampilan tari kesenian Jawa, kesenian khas Tionghoa, penampilan pentas musik rebana, serta olahan makanan  dan minuman.

Gelar karya kewirausahaan melibatkan peserta didik, agar mereka belajar menjadi pelaku dan penggerak roda perekonomian dalam lingkungan kecil yakni sekolah, serta mengasah jiwa wirausaha sejak dini.

“Melaksanakan implementasi kurikulum kita secara mandiri. Nah, di dalam kurikulum Merdeka, di sana ada P5, di mana P5 ini tujuannya adalah membangun karakter profil pelajar Bhinneka Tunggal Ika, yang mana kita menekankan kode toleransi beragama," jelas Kepala SMPN 1 Kota Semarang, Nining Sulistyaningsih.

"Anak-anak saling menghargai satu sama lain, juga elemen-elemen lain yang diangkat melalui P5," tambahnya.

Kegiatan exporia atau pameran seni serta wirausaha yang dilakukan oleh siswa-siswi SMPN 1 Kota Semarang, diharapkan dapat memberikan manfaat serta pengembangan kreativitas siswa dalam konsep merdeka sekolah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x