Kompas TV regional papua maluku

Ini Data Korban Kecelakaan Pesawat SAM Air yang Jatuh di Papua Pegunungan

Kompas.tv - 24 Juni 2023, 06:40 WIB
ini-data-korban-kecelakaan-pesawat-sam-air-yang-jatuh-di-papua-pegunungan
Kondisi pesawat Sam Air PK-SMW yang sebelumnya hilang kontak, ditemukan dalam keadaan hancur di sebuah bukit di Distrik Elelim, Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan, Jumat (23/6/2023). (Sumber: Dok Basarnas Jayapura/Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Polda Papua merilis penumpang dan kru korban kecelakaan pesawat Semuwa Aviasi Mandiri (SAM) Air yang jatuh di daerah Distrik Elelim, Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan, Jumat (23/6/2023).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo menjelaskan, dalam kecelakaan tersebut ada enam orang yang ikut terbang. Empat orang merupakan penumpang dan sisanya kru pesawat.

Dalam manifes penerbangan data empat penumpang pesawat SAM Air yakni Bartolomeus (34), Ebeth Halerohon (29), Dormina Halerohon (17) dan Kilimputni (20).

Sedangkan identitas kru Sam Air adalah Hari Permadi sebagai pilot dan co-pilot Levi Murib.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Pesawat SAM Air, Hilang Kontak sebelum Ditemukan Terbakar di Pegunungan Papua

Benny belum bisa memastikan kondisi korban kecelakaan, namun Polres Yalimo sudah berkoordinasi dengan tim SAR untuk melakukan evakuasi.

"Saat ini Kapolres Yalimo telah melakukan kordinasi dengan pihak terkait untuk upaya evakuasi pesawat SAM Air yang jatuh tersebut," ujar Benny Ady Prabowo, Jumat (23/6/2023).

Sebelumnya pesawat SAM Air dengan kode penerbangan PK-SMW itu sempat hilang kontak saat penerbangan dari Bandara Elelim, Distrik Elelim, Kabupaten Yalimo, Papua, menuju Bandara Poik usai lepas landas atau take off pada Pukul 10.53 WIT. 

Tim SAR gabungan menemukan badan pesawat SAM Air dalam keadaan hancur. 

Lokasi pesawat jenis Cessna 208 Caravan 675 PK-SMW berada di sebuah bukit pada ketinggian 2.207 meter di atas permukaan laut (Mdpl), di Distrik Elelim, Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan.

Baca Juga: Pesawat SAM Air Ditemukan Jatuh dan Terbakar, Evakuasi Terhalang Medan Sulit dan Cuaca Ekstrem

Diketahui peswat tersebut sedang melakukan penerbangan keduanya. Pesawat lepas landas dari Bandara Elelim Pukul 10.53 WIT dan dijadwalkan tiba Bandara Poik pukul 11.06 WIT. 

Setelah lepas ladas pesawat dinyatakan ilang kontak. Data AirNav pesawat hilang kontak sekitar Pukul 12.11 WIT.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x