Kompas TV regional kalimantan

PTPN XIII Gelar Pelatihan SMK3 bagi Karyawan Kebun & PKS di Kalimantan Barat

Kompas.tv - 23 Juni 2023, 13:53 WIB
ptpn-xiii-gelar-pelatihan-smk3-bagi-karyawan-kebun-pks-di-kalimantan-barat
Pelatihan SMK3 bagi Karyawan Kebun & PKS di Kalimantan Barat (Sumber: PTPN XIII)
Penulis : KompasTV Pontianak

KOMPAS.TV - Bagian Perencanaan & Sustainability (Bagian Rensus) menggelar Pelatihan SMK3 dan Manajemen Risiko K3 bagi Karyawan Unit Kebun dan PKS selama 3 hari di Kalimantan Barat. Acara pembukaan pelatihan dihadiri oleh Manajemen Kebun Gunung Meliau & PKS Gunung Meliau, serta dibuka oleh Kepala Sub Bagian Sustainability & QHSE PTPN XIII, Wili B. Suhendra (20/06/2023). 

Baca Juga: PTPN XIII Gelar Sharing Session Penguatan Manajemen Risiko dan Pengawasan Internal

Sesuai dengan PP No. 50 Tahun 2012 tentang penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja di unit kerja kebun dan pabrik kelapa sawit (PKS) di Kalimantan Barat, tujuan pelatihan ini adalah memberikan pemahaman kepada peserta mengenai lingkungan kerja, termasuk aspek fisik, kimia, biologi, ergonomi, psikologi, dan keselamatan kerja. Adapun pelatihan ini diselenggarakan bersama PT Mahatma Jaya Mulya.

Wili B. Suhendra menjelaskan bahwa pelatihan ini penting dalam upaya memitigasi kecelakaan kerja dan melakukan investigasi terhadap kecelakaan yang terjadi. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, karyawan dapat mengidentifikasi potensi bahaya dan mengambil tindakan antisipasi serta pengendalian untuk mencegah penyakit akibat kerja (PAK) dan kecelakaan kerja.

Pelatihan SMK3 bagi Karyawan Kebun & PKS di Kalimantan Barat (Sumber: PTPN XIII)

Baca Juga: Palm Co akan Perkuat Kemampuan Pemerintah Kelola Ketahanan Pangan

Selanjutnya, peserta diharapkan dapat melindungi pekerja dalam pencegahan potensi penyakit akibat kerja dan kecelakaan kerja, serta menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, dan sehat guna meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan pekerja.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x