Kompas TV regional berita daerah

Rumah Restorative Justice Di Baduy Keseimbangan Hukum

Kompas.tv - 22 Juni 2023, 15:40 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

LEBAK,KOMPAS.TV - Seperti inilah suasana saat Kejati Banten meresmikan Rumah Restorative Justice atau RJ di kawasan adat Baduy yang berada di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar Banten. Keberadaan rumah RJ merupakan posko keadilan bagi masyarakat adat.

Konsep RJ merupakan keseimbangan hukum bagi masyarakat adat yang ada di Kabupaten Lebak. Keseimbangan yang dimaksud adalah mengedepankan musyawarah sehingga tercapai keadilan dan ini adalah terobosan hukum yang membantu masyarakat. Kejati Banten, Didik Farkhan Alisyahdi mengatakan, keberadaan rumah RJ merupakan salah satu yang pertama di Indonesia pada Wilayah adat, konsep RJ merupakan keseimbangan hukum bagi masyarakat adat yang ada di Lebak.

Sementara Kepala Desa Kanekes Saija menanggapi bahwa keberadaan rumah RJ kedepannya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Baduy dan masyarakat adat lainnya. Selain masyarakat Adat Baduy terdapat puluhan komunitas atau masyarakat adat yang ada di Kabupaten Lebak.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x