Kompas TV regional jawa timur

Melihat Proses Produksi di Kampung Ikan Asap Legendaris Surabaya

Kompas.tv - 22 Juni 2023, 12:36 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

SURABAYA, KOMPAS.TV - Asap dari cerobong ini, tak berhenti mengepul dari sebuah dapur, di kampung ikan asap, Kelurahan Kenjeran, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya. Di kampung ini, lebih dari 40 orang berprofesi sebagai produsen ikan asap.

Berbagai jenis ikan segar seperti ikan manyung, ikan tenggiri, dan pari hasil tangkapan para nelayan yang beroperasi di Pantai Kenjeran, kemudian diasapkan di dalam tungku, untuk memberikan efek rasa terbakar pada ikan.

Dengan diasapkan, harga ikan segar bisa naik hingga dua kali lipat. Sehingga mempunyai nilai tambah bagi para produsen ikan.

Ikan asap yang lebih tahan lama dibandingkan dengan ikan segar, meningkatkan penjualan para produsen ikan asap. Tak hanya dijajakan di sepanjang jalan raya kenjeran, sebagian hasil produksi juga dikirim ke luar Kota seperti Jakarta, dan Pulau Bali

Untuk memberikan dukungan terhadap usaha kecil menengah di kampung ikan asap ini, Bank Rakyat Indonesia, membangun pusat penjualan ikan asap, serta memberikan tenda, untuk berjualan para pedagang di pinggir jalan raya.

#surabaya #ikanasap #kuliner #legendaris #kulinersurabaya #bankbri #beritakediri

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x