Kompas TV regional jawa timur

Warga Pasuruan Bubarkan Pengajian yang Diduga Ajarkan Khilafah

Kompas.tv - 21 Juni 2023, 19:00 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PASURUAN, KOMPAS.TV - Sebuah kelompok pengajian di Pasuruan Jawa Timur dihentikan paksa dan dibubarkan oleh warga, pada Selasa (20/6/2023). Penolakan dilakukan karena materi pengajian dinilai menanamkan ajaran khilafah dan bertentangan dengan NKRI.

Ketegangan terjadi saat puluhan warga menghentikan paksa pengajian yang digelar oleh sekelompok orang di Desa Sumbersuko Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Kondisi memanas karena jamaah menolak dan tetap melanjutkan pengajian. Pemerintah desa dan babinsa terpaksa turun tangan memediasi kedua belah pihak hingga disepakati pengajian dihentikan.

Warga menilai pengajian itu bertentangan dengan NKRI dan merongrong pancasila karena  tema yang diangkat adalah 'khilafah mengakhiri hegemoni, dollar dengan dinar dan dirham'.

Baca Juga: Wapres Maruf Amin Perintahkan Mahfud MD dan Menag Yaqut Investigasi Ponpes Al-Zaytun

Selama ini, jamaah pengajian tak pernah memberitahu pihak desa jika ada kegiatan. Mereka menggelar pengajian secara rutin dan tertutup.

Agar tidak situasi tidak semakin memanas, tokoh agama pemimpin pengajian dibawa keluar dari lokasi dan pengajian yang digelar di musholla dihentikan.

 

#khilafah #pengajian #pasuruan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x