Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Ajarkan Peduli Alam Sejak Dini dengan Menanam Mangrove

Kompas.tv - 19 Juni 2023, 12:14 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk menanamkan jiwa cinta lingkungan sejak sedini, puluhan siswa SD di libatkan secara langsung menanam benih mangrove. Ada 65 siswa yang dilibatkan langsung dalam aksi menanam mangrove di pesisir pantai Mangunharjo, Tugu Kota Semarang. Para siswa ini tergabung dalam ekstra karya ilmiah dan olimpiade matematika dari Sd Hajah Isriati Baiturrahman 1 Kota Semarang. Sebelumnya mereka pernah membuat karya ilmiah dari mangrove, namun belum pernah melihat secara langsung pohon mangrove yang sebenarnya, dan mereka pun diajak ke pesisir pantai, dengan harapan bisa menumbuhkan kecintaan anak terhadap lingkungan .

"Kita melakukan penanaman mangrove lebih dari 100 bibit, kita tanam di wilaya ini. Tujuannya menanamkan bagai mana anak-anak  yang ada di lingkungan Kota Semarang, di pesisir ini benar-benar mengetahui bahwa mangrove salah satu tumbuhan di pesisir ini, sangat penting keberadaanya," kata Sri Lestari, Wakil Kepala SD Hj Isriati Baiturrahman.

Ada 100 bibit mangrove yang ditanam oleh siswa dan diharapkan bisa tumbuh subur untuk menjaga ekosistem di pesisir pantai ini. Bagi siswa menanam mangrove sangat seru  menyenangkan dan menjadi pengalaman pertama bagi siswa.

"Senang sekali bisa melestarikan hutan mangrove, bakal diingat sampai besar, waktu kecil pernah melestarikan hutan mangrove," ujar Deannisa Setia Rubiyanto, siswa.

Aksi menanam mangrove ini tak hanya untuk menjaga ekosistem, namun juga diharapkan bisa mencegah abrasi serta bisa dimanfaatkan oleh warga menjadi bahan olahan makanan dan minuman.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x