Kompas TV regional jawa timur

Trauma Anak Enam Tahun di Jember yang Menemukan Ibu dan Dua Saudaranya Tewas di dalam Rumah

Kompas.tv - 17 Juni 2023, 16:50 WIB
trauma-anak-enam-tahun-di-jember-yang-menemukan-ibu-dan-dua-saudaranya-tewas-di-dalam-rumah
Makam seorang ibu dan kedua anaknya yang ditemukan tewas di Jember, Jawa Timur. (Sumber: Bagus Supriadi/Kompas.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JEMBER, KOMPAS.TV - Seorang anak enam tahun berinisial RKZ di Jember, Jawa Timur, syok dan trauma usai mendapati ibu dan kedua saudaranya meninggal dunia di dalam rumah.

RKZ kini tinggal mempunyai seorang ayah, Agus Riyadi (36) yang juga syok usai kejadian tersebut.

Ibu RKZ, Husnul Khotimah (31) dan dua saudaranya, LA (8) dan AVS (8 bulan), ditemukan tewas di rumah mereka di Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (17/6/2023).

Saat kejadian, RKZ sedang berada di dalam rumah. Ibunya tewas gantung diri sedangkan kakak dan adiknya ditemukan tewas di dalam kamar.

Kejadian ini baru diketahui usai Agus Riyadi pulang dari berjualan cilok di depan RSUD dr. Soebandi. Sesampainya di rumah, Agus mengetuk pintu, tetapi pintu tak kunjung dibuka.

Baca Juga: Nenek Miskin ODGJ di Jember Menderita Tumor di Wajah

Beberapa saat kemudian, RKZ membukakan pintu. Setelah masuk, Agus mendapati istrinya meninggal dunia dalam keadaan gantung diri.

Kepala Dinas Sosial Jember Akhmad Helmi Luqman menyampaikan pihaknya akan melakukan rehabilitasi sosial kepada keluarga korban.

“Terutama pada anaknya, kami lakukan trauma healing,” kata Akhmad di rumah korban, Sabtu, dikutip dari Kompas.com.

Kata dia, Dinsos Jember akan memantau perkembangan RKZ setiap hari. Pihaknya juga akan memantau pendidikan anak itu dengan dampingan pendamping sosial.

“Mulai besok sudah mulai melakukan pendampingan, kami menunggu kenal dulu karena psikisnya masih terguncang,” kata Akhmad.

Ia menambahkan Dinsos Jember akan meminta bantuan dokter jiwa untuk melakukan asesmen kepada Agus Riyadi dan RKZ. Sehingga, dapat dilakukan tindakan yang tepat usai kejadian traumatis ini.

Di lain pihak, Camat Patrang Farisa Jamal Taslim menyatakan pihaknya telah meminta pengurus RT/RW hingga kepala dusun untuk terus memantau keluarga Agus.

“Akan kami pantau ke depan, kami juga perintahkan pada RT RW dan kampung untuk memantau,” kata Farisa.

Baca Juga: Sederet Fakta Ibu Tewas Peluk Bayi di Pati: Korban KDRT Suami, Dipicu Rasa Cemburu

Kontak Bantuan

Depresi bisa dialami siapa pun. Jika Anda memiliki permasalahan yang sama, jangan menyerah dan memutuskan mengakhiri hidup karena Anda tidak sendiri.

Layanan konseling dapat menjadi pilihan untuk meringankan keresahan yang Anda alami. Untuk mendapatkan layanan kesehatan jiwa atau layanan konseling lainnya, Anda dapat mengakses situs Into the Light Indonesia dengan mengeklik tautan berikut https://www.intothelightid.org/tentang-bunuh-diri/layanan-konseling-psikolog-psikiater/


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x