Kompas TV regional papua maluku

Warga Bamusbama Minta Pemkab Tambrauw Sediakan Puskesmas dan Nakes

Kompas.tv - 16 Juni 2023, 15:30 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

TAMBRAUW - Potret kehidupan masyarakat di Kecamatan Bamusbama, Kabupaten Tambrauw, Papua Barat Daya hingga saat ini tidak ada layanan kesehatan puskesmas, jika sakit warga terpaksa berobat di pustu yang juga jarang dibuka.

Bahkan Pustu Yembun yang disediakan pemerintah minim tenaga kesehatan dan obat-obatan. Warga juga memanfaatkan obat tradisional, bahkan jika mengalami sakit berat terpaksa mereka harus menempuh perjalanan lima jam dengan biaya transportasi Rp 1,5 juta, dari Kabupaten Tambrauw menuju ke Kota Sorong.

Dengan situasi ini warga meminta agar pemerintah daerah setempat dapat menyediakan fasilitas dan tenaga kesehatan yang memadai di daerah pelosok. 

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Tambrauw mengaku hingga saat ini tenaga kesehatan masih minim, pembangunan fasilitas kesehatan juga sangat terbatas karena minim anggaran.

Namun telah direncanakan tahun depan pemerintah Kabupaten Tambrauw akan membangun puskesmas di kecamatan bamusbama dan beberapa kecamatan lainnya, dengan menggunakan dana alokasi khusus.

Warga berharap adanya perhatian serius Pemda Tambrauw untuk menghadirkan layanan kesehatan yang memadai.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x