Kompas TV regional papua maluku

Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Sorong Tingkatkan Ketrampilan Tenaga Kerja Asli Papua

Kompas.tv - 16 Juni 2023, 15:26 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Balai pelatihan vokasi dan produktivitas (BPVP) Sorong membekali keterampilan bagi tenaga kerja, pada enam Provinsi di Papua. Kegiatan ini sebagai upaya mengurangi pengangguran dan meningkatkan ekonomi.

Tahun 2023 balai pelatihan vokasi dan produktivitas Sorong berkewajiban untuk memberikan pelatihan bagi empat ribu calon tenaga kerja dan tiga ribu orang untuk sertifikasi, pada enam Provinsi di Papua, yang lebih difokuskan untuk Orang Asli Papua.

Untuk pelatihan terbaru pada balai pelatihan vokasi dan produktivitas, berkaitan dengan dunia usaha dan industri. Namun tenaga kerja sendiri banyak minati pelatihan teknik las dan perhotelan, mengingat usaha pariwisata di papua banyak membutuhkan tenaga kerja yang terampil.

Para calon tenaga kerja ini akan dilatih selama beberapa bulan, dimana untuk semester awal sudah 60 persen pelatihan yang dilaksanakan. Setelah pelatihan nanti, mereka  akan diserap pada dunia industri yang sudah bekerjasama langsung dengan balai pelatihan vokasi dan produktivitas.

Pelatihan ini juga ikuti oleh calon tenaga kerja berkebutuhan khusus, mereka sangat bersemangat kerena bisa mendapatkan ketrampilang tambahan, yang kelak dapat berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Dengan peminat yang sangat banyak di tahun ini, diharapkan calon tenaga kerja yang sudah disertifikasi dapat mengembangkan potensi yang dimiliki sesuai dengan industri yang ada di Papua. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x