Kompas TV regional sulawesi

Partai PDIP Hormati Putusan MK Tolak Gugatan Proporsional Tertutup

Kompas.tv - 16 Juni 2023, 15:18 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

JAKARTA, KOMPAS.TV - PDI Perjuangan menghormati putusan Mahkamah Konstitusi yang menolak gugatan sistem pemilu proporsional tertutup dalam pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangannya di Jakarta, pada Kamis (15/6/2023).

PDI Perjuangan percaya dengan sikap kenegarawan para hakim Mahkamah Konstitusi atas keputusan ini.

“Terkait dengan judicial review sistem pemilu yang diputuskan adalah proporsional terbuka, maka dari PDI Perjuangan yang pertama, kami menghormati keputusan dari Mahkamah Konstitusi,” ujarnya.

“Karena dari awal PDI Perjuangan percaya pada sikap kenegarawanan hakim konstitusi untuk mengambil sikap yang terbaik,” tambahnya.

Meski begitu, ia menyebut sejak awal baik sistem pemilu proporsional terbuka atau tertutup memiliki kelebihan serta kekurangan.

“kedua-duanya sama-sama mengandung plus minus di dalam sistem pemilu,” tuturnya.

Hasto memastikan PDI Perjuangan akan tegak lurus menaati keputusan MK, meskipun dalam keyakinannya PDIP lebih condong ke proporsional tertutup.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.