Kompas TV regional sumatra

Edukasi Cuaca Maritim kepada Para Nelayan di Aceh Besar

Kompas.tv - 16 Juni 2023, 14:45 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH BESAR, KOMPAS.TV - Sekolah lapang cuaca nelayan kali ini memberikan edukasi kepada para nelayan di Aceh Besar tentang pentingya mampu membaca cuaca maritim, seperti pemahaman perubahan iklim yang mempengaruhi kondisi cuaca di laut, mengurangi risiko kecelakaan di laut, meningkatkan produktivitas tangkapan serta mengubah paradigma dari mencari ikan menjadi menangkap ikan.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah 1 Medan Hendro Nugroho menyebut dalam pelatihan ini, para nelayan diberikan pemahaman terkait penggunaan aplikasi BMKG seperti Inawis untuk menjaga keselamatan nelayan dan kesejahteraan mereka. Tujuannya nelayan mampu membaca informasi cuaca maritim yang dikeluarkan BMKG seperti info tinggi gelombang, arah angin dan perubahan cuaca lain baik di laut maupun di darat titik titik penangkapan ikan demi efisiensi dan meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Sementara itu, Pemerintah Aceh Besar juga meminta kepada para nelayan peserta sekolah lapang cuaca nelayan ini untuk belajar membaca informasi cuaca dari BMKG agar ketika melaut mereka mampu mengetahui kondisi cuaca serta mempelajari aplikasi cuaca dari BMKG agar mereka selamat di laut dan harapannya membawa jumlah tangkapan yang banyak demi meningkatkan ekonomi para nelayan.

Sekolah lapang cuaca nelayan ini diharapkan mampu membangun para nelayan yang hebat, selamat dan sejahtera. BMKG pun berkomitmen untuk dapat membangun komunikasi yang berlanjut dengan para nelayan agar lebih optimal kedepan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x