Kompas TV regional berita daerah
advertorial

Rasio Desa Berlistrik di Indonesia Mencapai 99,80 Persen

Kompas.tv - 15 Juni 2023, 12:31 WIB
rasio-desa-berlistrik-di-indonesia-mencapai-99-80-persen
PLN terus mengakselerasi program listrik desa agar seluruh desa di Indonesia dapat menikmati listrik pada 2024. (Sumber: Humas PT PLN )
Penulis : KompasTV Palembang

JAKARTA, KOMPAS.TV - Disepanjang tahun 2022, PLN mampu melistriki 1.185 desa dan dusun se-Nusantara. Ini bentuk komitmen PLN menghadirkan listrik bagi seluruh masyarakat Indonesia hingga ke pelosok tanah air. Menembus hutan, mengarungi perairan menggunakan kapal, hingga saling bergotong-royong membawa tiang listrik karena akses yang sulit. Semuanya dilakukan Petugas PLN demi melistriki daerah tedepan, terluar, dan tertinggal untuk mewujudkan Energi Berkeadilan untuk Indonesia.

PLN terus mengakselerasi program listrik desa agar seluruh desa di Indonesia dapat menikmati listrik pada tahun 2024. PLN disepanjang tahun 2022 telah melakukan berbagai akselerasi untuk meningkatkan rasio elektrifikasi dan juga rasio desa berlistrik. Hingga Maret 2023, realisasi elektrifikasi nasional mencapai 99,66 persen, sedangkan rasio desa berlistrik mencapai 99,80 persen.

Dengan transformasi digital PLN, komitmen untuk melistriki seluruh pelosok negeri bisa diakselerasi. Upaya ini merupakan wujud pengamalan sila ke-5 Pancasila, yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Melalui dukungan pemerintah berupa penyertaan modal negara (PMN), negara hadir bagi mereka yang berada di daerah 3T. Karena setiap warga negara di republik ini berhak mendapatkan akses listrik yang berkeadilan. 



Sumber : Kompas TV Palembang



BERITA LAINNYA



Close Ads x