Kompas TV regional jabodetabek

Dokter Ungkap Kondisi Terkini Fajri, Pria Obesitas Berbobot 300 Kg: Perlu Banyak Penanganan

Kompas.tv - 14 Juni 2023, 15:03 WIB
dokter-ungkap-kondisi-terkini-fajri-pria-obesitas-berbobot-300-kg-perlu-banyak-penanganan
Muhammad Fajri (27) pria obesitas dengan bobot hampir 300 kg dievakuasi dari RSUD Tangerang ke RSCM Jakarta, Jumat (9/6/2023) malam. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Plt Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr. Lies Dina Liastuti mengungkapkan kondisi terkini pria obesitas berbobor 300 kg, Fajri.

Lies mengatakan, kondisi Fajri cukup stabil. Tetapi masih membutuhkan banyak pemeriksaan dan penanganan.

Saat ini, Fajri ditangani oleh 14 dokter dari displin ilmu yang berbeda.

“Kasus luar biasa, usia 26 tahun, 9 juni 2023 dirujuk ke RSCM dalam kondisi memerlukan penanganan lebih lanjut. Kondisi pasien saat ini masih memerlukan banyak penanganan dari dokter multidisiplin,” kata Lies, Rabu (14/6/2023).

Baca Juga: Belajar dari Kasus Fajri, Pria Berbobot 300 Kg, Ketahui Penyebab Obesitas Pada Anak dan Dewasa

Selain membutuhkan penanganan dari sejumlah dokter, Fajri juga membutuhkan ruangan khusus karena tak bisa dirawat di ruangan biasa.

Pihak RSCM bahkan harus memodifikasi ruangan dan memindahkan alat-alat medis ke ruangan khusus Fajri.

“Kami tidak bisa merawat di ruang biasa, menyiapkan ruang khusus satu ruangan untuk pasien dan tidak bisa di tempat tidur. Alat-alat untuk ICU-nya kita tarik ke sana. Memodifikasi ruangannya,” jelas Lies.

Sementara itu, Kelompok Staf Medis (KSM) Anestesiologi dan Perawatan Intensif RSCM, dr Sidharta Kusuma Manggala menuturkan kemungkinan penyebab Fajri mengalami obesitas.

Baca Juga: Fajri, Pria Obesitas Berbobot 300 Kg Sudah 8 Bulan Hanya Terbaring di Kasur, Dokter: Tiduran Saja

Sidharta menjelaskan, pihaknya belum menemukan masalah komorbid.

Satu hal yang mungkin menjadi penyebab adalah riwayat kecelakaan yang membuat Fajir tak ddapat beraktivitas.

“Jadi kalau untuk masalah komorbidnya kita masih belum menemukan, mungkin riwayat kecelakaan itu yang membuat dia benar-benar tidak beraktivitas,” terang Sidharta.

“Bahkan di ruangan itu melakukan kegitatan mohon maaf mulai dari buang air kecil, buang air besar, makan itu hanya di satu ruangan itu, jadi karena kecelakaan membuat dia sangat tidak aktif selama beberapa bulan,” sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) UPT Ciledug Kota Tangerang bersama tenaga gabungan telah melakukan evakuasi terhadap Fajri untuk dibawa ke RSCM, Jumat (9/6/2023).

Baca Juga: Fajri, Pria Obesitas Berbobot 300 Kg Dievakuasi ke RSCM Pakai Truk BPBD Tangerang

Fajri terpaksa dievakuasi ke RSCM menggunakan truk dinas BPBD Kota Tangerang lantaran tidak bisa diangkut dengan menggunakan ambulance.

Proses pemindahan pasien dari tempat perawatan menuju kendaran berlangsung dramatis, dua alat forklip pun digunakan untuk menaikkan dan menurunkan tubuh pasien.

Evakuasi tersebut melibatkan anggota Damkar Jakarta Pusat, Damkar Tangerang, Basarnas, hingga sejumlah perawat dari RSCM.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x