Kompas TV regional berita daerah

Desa Wisata Besani di Batang, Edukasi Bahasa Mandarin dan Budaya Lokal

Kompas.tv - 13 Juni 2023, 19:30 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Desa wisata di tengah kebun teh daerah pegunungan ini berada di Desa Besani, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Desa Wisata Kampung Mandarin, Desa Besani ini baru dibentuk sejak 2022 dan mendapat apresiasi sangat baik dari masyarakat juga pemerintah.

 

Spot wisata yang diunggulkan Desa Besani sangat beragam, mulai dari wisata alam, budaya, edukasi seputar bahasa Mandarin juga teh dan UMKM lainnya. Wujud akulturasi budaya Jawa dan Cina di sini salah satunya adalah anak-anak belajar bahasa Mandarin.

 

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, memberikan secara langsung Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), salah satu dari 75 desa se-Indonesia.

 

Pengajar bahasa Mandarin dilakukan oleh profesional salah satunya dari mahasiswa dari China yang sedang belajar di Indonesia. Selain itu juga ada pendamping wisata Mandarin, yaitu Amelia dan Nita warga Batang. Mereka sangat bangga desa wisata ini mendapat Anugerah Desa Wisata Indonesia sehingga bisa lebih dikenal.

 

 Hingga kini Desa Wisata Besani terus berbenah, mulai dari infrastruktur pendukung untuk memudahkan akses wisatawan ketika berkunjung. Diharapkan dengan semakin ramainya pariwisata dan edukasi desa Mandarin juga budaya lokal, akan semakin membuat warga tambah sejahtera.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x