Kompas TV regional berita daerah

Terjangan Ombak Mengikis Daratan di Pantai Purwahamba Indah, Tegal

Kompas.tv - 12 Juni 2023, 17:41 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Beginilah kondisi bibir pantai di sekitar kawasan obyek wisata Pantai Purwahamba Indah (Purin) di Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah pada Kamis siang. Terjangan ombak dari hari ke hari terus mengikis daratan hingga ke pemukiman penduduk. Bahkan satu bangunan rumah yang masih dihuni warga kini kondisinya memprihatinkan. Bangunan tersebut sangat membahayakan nyawa para penghuninya jika tiba-tiba terjadi ombak besar. Kini antara dinding bangunan rumah dengan bibir pantai hanya berjarak sekitar 3 meter tanpa penghalau gelombang air laut.

 

Warga setempat mengatakan bahwa sudah puluhan tahun silam setiap terjadi musim angin barat, ombak pasang air laut mengikis daratan. Bahkan air laut sampai masuk ke rumah warga. Tak hanya lahan daratan, lahan tambak usaha benur berikut bangunan rumah warga yang terdampak telah roboh dan hilang akibat abrasi.

 

Kini warga mengaku khawatir karena tak lama lagi mulai memasuki musim angin timur yang mengakibatkan gelombang pasang. Warga berharap pemerintah segera melakukan penanganan dengan membuat pemecah gelombang. Sementara ini warga secara swadaya menanggul bibir pantai dengan ban bekas, bebatuan dan karung pasir.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x