Kompas TV regional berita daerah

Oleh-Oleh Berbahan Sagu Menjadi Daya Tarik Kuliner Ambon

Kompas.tv - 12 Juni 2023, 17:23 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

AMBON, KOMPAS.TV - Wisatawan yang berkunjung ke kota ambon tak lengkap rasanya jika tak mencicipi makanan tradisional berbahan sagu. Sagu menjadi komoditas utama di maluku dan menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya kuliner ambon.

Berada di pusat kota, sentra jajanan berbahan dasar sagu yang berada di jalan d.i panjaitan, kecamatan sirimau, kota ambon maluku, bisa menjadi pilihan bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota ambon untuk membeli oleh-oleh. Disini wisatawan bisa memilih aneka jajanan atau kuliner tradisional yang terbuat dari tepung sagu.  Seperti kue serut kenari, bagea kenari, bagea kelapa, sagu tumbuh dan varian lainnya, harganya pun dijual relatif murah mulai dari sepuluh ribu hingga dua puluh ribu rupiah per kemasan. Pusat jajanan ini biasanya buka setiap hari sejak pukul tujuh pagi hingga pukul dua puluh tiga malam.

Pedagang mengaku, jajanan kuliner oleh-oleh sagu, yang selalu laris diburu pembeli yaitu kue serut kenari, bagea kenari, dan sagu tumbu. Setiap harinya mereka bisa mengantongi pendapatan hingga jutaan rupiah.

Selain kuliner sagu, disini juga wisatawan bisa mendapatkan oleh- oleh lain seperti roti kenari, halua kenari, manisan pala banda. Dodol durian serta gula merah saparua.


#kulinerkhas
#sagu
#kulinerambon




Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x