Kompas TV regional berita daerah

339 Calon Jemaah Haji Diberangkatkan Lewat Kapal Laut

Kompas.tv - 12 Juni 2023, 16:14 WIB
Penulis : KompasTV Palu

PALU, KOMPASTV - Ratusan jemaah calon haji asal Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah tiba di pelabuhan Pantoloan, Kota Palu. Dengan tahun-tahun sebelumnya, jemaah calon haji kali ini menggunakan alat transportasi laut yakni kapal laut. ini bagian dari program kementerian agama kabupaten tolitoli soal pelayanan ramah lansia.

Sebanyak 339 jemaah calon haji dan petugas  ini tiba di pelabuhan Pantoloan. Mereka nampak sumringah begitu turun dari KM Sabuk Nusantara dan diarahkan langsung menaiki bus yang sudah disiapkan. Sebanyak 8 bus yang disiapkan untuk mengangkut jemaah calon haji yang didominasi usia tua tersebut.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli Haji Mohammad Taslim mengatakan untuk tahun ini tercatat sebanyak 339 calon jemaah haji yang diberangkatkan untuk 3 kloter. Alasan menggunakan kapal laut sebagai jalur transportasi karena pertimbangan pelayanan yang ramah lansia serta jarak tempuh yang lebih cepat dibandingkan menggunakan jalur darat. Apalagi banyak jalan yang mengalami kerusakan.

Kru KM Sabuk Nusantara, Hasbi Habibie mengaku senang pihaknya mendapat kepercayaan untuk pertama kali melayani penumpang yang merupakan jemaah calon haji. KM Sabuk Nusantara dibawah naungan PT Subsea Lintas Globalindo pun menyiapkan sarana dan prasarana mulai pendingin ruangan maupun kebersihan toilet demi kenyamanan para jemaah calon haji.

Ratusan jemaah calon haji asal Kabupaten Tolitoli ini selanjutnya menuju asrama haji Palu untuk persiapan diberangkatkan menuju embarkasi Balikpapan, Kalimantan Timur.

#CalonJemaahHaji #PemberangkatanLewatKapal #IbadahHaji 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x