Kompas TV regional jawa barat

Tak Patok Harga, Jasa Cuci Hewan Kurban Bayar Seikhlasnya

Kompas.tv - 12 Juni 2023, 16:02 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

 

KUNINGAN, KOMPAS.TV - Sejumlah jasa cuci hewan kurban di Kabupaten Kuningan mulai sibuk. Salah satunya adalah petugas tim kebersihan hewan kurban objek wisata Saraeland di Kecamatan Cigugur. Sejumlah penjual hewan kurban yang sudah berkerjasama, mulai menitipkan hewannya untuk dibersihkan, dan diberi perawatan sebelum dikurbankan.

Proses pembersihan, di mulai dengan memandikan terlebih dahulu, kemudian me-rontokan kotoran-kotoran yang sudah keras dan mengering. Petugas kemudian menyikat seluruh badan atau tubuh kambing dengan cairan sabun. Setelah semua bagian dibersihkan, petugas mulai membasuh sisa sabun dan kotoran di sekujur tubuh hingga bersih lalu dijemur.

Bagian akhir adalah, pemberian pakan dan vitamin agar hewan kurban sehat, bersih dan prima saat hendak dikurbankan di hari terakhir. Gugun Rudiguntara, pemilik jasa cuci hewan kurban menyampaikan, setiap tahunnya dia mendapatkan sekitar 20 hingga 30 hewan kurban jenis kambing.

Gugun mengaku untuk jasa ini, dirinya tidak menarif dan mematok harga, dirinya hanya membuka dengan pembayaran seikhlasnya. Jumlah hewan yang akan dibersihkan akan kian bertambah pada sepuluh hari menjelang Idul Adha mendatang. Bila jumlahnya banyak dia akan menambah petugas.

 

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klink link di bawah:
IG : https://www.instagram.com/kompastvjabar/
Youtube : https://www.youtube.com/@KompasTVJawaBarat
Twitter : https://twitter.com/kompastv_jabar
Facebook : https://www.facebook.com/KompasTVJawaBarat

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x