Kompas TV regional kalimantan

Klarifikasi PTPN XIII soal PKS Longpinang akan Dijual ke Cina: Rumor Salah & Tidak Benar

Kompas.tv - 12 Juni 2023, 13:24 WIB
klarifikasi-ptpn-xiii-soal-pks-longpinang-akan-dijual-ke-cina-rumor-salah-tidak-benar
PTPN XIII Pastikan PKS Longpinang Tidak Dijual ke Cina (Sumber: PTPN XIII)
Penulis : KompasTV Pontianak

KOMPAS.TV - Setelah beredar luasnya rumor yang salah dan menyesatkan mengenai perusahaan kami PT Perkebunan Nusantara XIII (PTPN XIII) khususnya Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Longpinang yang berlokasi di Desa Olong Pinang, Kecamatan Pasir Balengkong Kabupaten Pasir, Kalimantan Timur. Kami dengan tegas ingin mengklarifikasi bahwa berita tersebut adalah tidak benar dan kami memandangnya sebagai upaya yang disengaja untuk memfitnah dan mencemarkan nama baik kami (08/06/2023).

Baca Juga: PTPN XIII, Ketua DPRD, & Kades Serahkan Bantuan Sembako untuk Masyarakat Sekitar Kebun Longkali

Sebagai salah satu anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kami berkomitmen  untuk menjaga integritas kami dalam menjalankan operasi bisnis. Kami menekankan bahwa tidak ada rencana, negosiasi, atau kesepakatan untuk menjual perusahaan kami kepada entitas di Cina.

Dalam periode menjelang Pemilu, muncul berbagai rumor dan fitnah yang bertujuan untuk  memanipulasi opini publik. Namun, dengan tegas kami menegaskan bahwa kami tetap berada di bawah kepemilikan dan kendali penuh dari para pemangku kepentingan kami yang berada di Kementerian BUMN Republik Indonesia. Kami akan terus melanjutkan operasional kami sesuai dengan visi, misi, dan nilai-nilai kami yang telah kami bangun selama ini.

Baca Juga: SAMADE: PalmCo Akan Untungkan Masyarakat dan Industri Sawit Nasional

Kami menghargai dukungan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada kami oleh karyawan,  pelanggan, dan mitra bisnis kami. Kami mengajak semua pihak untuk tetap waspada terhadap berita yang tidak terverifikasi dan memverifikasi sumber informasi sebelum mempercayainya.

Sebagai perusahaan yang berkomitmen pada integritas, kami akan terus berupaya untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan kami dan berkontribusi pada perkembangan Indonesia yang kami cintai.

Dalam langkah strategis untuk memperkuat kondisi keuangan, PT Perkebunan Nusantara XIII (PTPN XIII) mengumumkan berakhirnya kerjasama dengan pihak PT Nabati Mas Asri (PT NMA) terkait Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Longpinang pada 10 April 2018 s.d. 10 April 2023. Keputusan ini merupakan bagian dari transformasi perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan keberlanjutan bisnis di masa depan.

Baca Juga: Bukti Transformasi, PTPN XIII Raih Berbagai Penghargaan di Semester I 2023

Pada tahun 2018, dalam menghadapi tantangan finansial yang signifikan, PTPN XIII menjalin kerjasama dengan pihak asing untuk PKS Longpinang. Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dukungan teknis dan finansial guna mengatasi kondisi yang kurang baik pada saat itu. 

Namun, setelah melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi keuangan dan strategi jangka panjang perusahaan, PTPN XIII memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan PT NMA pada 10 April 2023. Keputusan ini diambil dengan mempertimbangkan kepentingan jangka panjang perusahaan, keberlanjutan bisnis, serta upaya memperkuat kendali dalam sektor strategis ini.

PTPN XIII Pastikan PKS Longpinang Tidak Dijual ke Cina (Sumber: PTPN XIII)

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x