Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Cegah Abrasi, Tanam Mangrove dan Bersih-bersih Pantai

Kompas.tv - 12 Juni 2023, 12:45 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Aksi bersih- bersih dilakukan di Pantai Tirang Kota Semarang oleh aktivis pecinta lingkungan dari Indonesia Power, mahasiswa, pramuka dan masyarakat pesisir. Sampah baik anorganik maupun organik semua dibersihkan agar tidak kumuh mengotori pantai.

Mereka dibagi beberapa tim agar aksi bersih-bersih pantai berlangsung efesien, dan hasilnya dalam waktu satu jam karung- karung yang sebelumnya kosong, kini dipenuhi sampah hasil bersih - bersih para penggiat lingkungan.

Selain bersih sampah, Indonesia Power bersama aktivis lingkungan lain juga melakukan penanaman 1.000 bibit mangrove di sekitar Pantai Tirang. Tujuannya agar kawasan pantai tetap lestari dan mencegah abrasi.

"Di Pantai Tirang ini melaksankan kegiatan Hari Lingkungan Hidup 2023. Pada kegiatan ini kami dari Indonesia Power melaksanakan kegiatan sesuai dengan program pemerintah yaitu bersih-bersih panatai dan juga menanam mangrove," jelas Ubaidillah, Manager Administrasi PT PLN Indonesia Power.

"Harapanya memang kita menggugah dunia usaha dan masyarakat untuk berkolaborasi dalam rangka untuk menangani sampah plastik dan mencari solusi terkait pencemaran sampah plastik," kata Marnang, Perwakilan DLHK Provinsi Jawa Tengah.

Dipilihnya Pantai Tirang untuk menanam mangrove, selain bisa menjadi kawasan wisata juga membantu perekonomian warga sekitar dengan memanfaatkan mangrove sebagai olahan  yang menghasilkan cuan.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x