Kompas TV regional jawa timur

Dosen dan Mahasiswa UMM Ciptakan Kerajinan dengan Teknik Ramah Lingkungan

Kompas.tv - 10 Juni 2023, 16:12 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Kerajinan ecoprint ramah lingkungan dibuat oleh dosen dan mahasiswa dari Fakultas Pertanian Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang. Mereka menggunakan pewarna alami, hingga proses produksi dengan cara dikukus. 

Sebelumnya mereka telah melakukan penelitian terlebih dahulu. Mulai pemilihan bagan, hingga proses produksi yang menghasilkan pewarnaan lebih tajam serta merata. 

Untuk pewarnaan mereka menggunakan ekstra mangrove sehingga tidak mudah luntur. Kemudahan dikukus dengan steam, menggunakan suhu pengukuran yang tepat. 

"Pengukusan zat warnanya akan keluar. Bahan bahan yg kita gunakan adalah semua pewarna alami, warnai kain pakai mangrove pohon pohon di hutan indonesia kita gali terus. Kemudian pewarna motif pada kulit ada penggunaan daun atau bunga di sekitar. Limbahnya daun yang banyak digunakan pupuk, artinya ecoprint akan membuat limbah zero atau tidak ada limbah" Kata Wehandaka, dosen pembimbing. 

Penelitian untuk kreasi ecoprint ini dilakukan secara rinci. Termasuk pemilihan jenis mordan. 

Hasilnya mordan tawas memberikan hasil lebih maksimal. Sementara kulit yang digunakan adalah kulit domba samak jenis crust. 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.