Kompas TV regional berita daerah

Peternak di Semarang Siapkan 10 Ekor Sapi dan Kambing untuk Idul Adha

Kompas.tv - 9 Juni 2023, 18:58 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Salah satu peternak di Kelurahan Banaran Kecamatan Gunungpati Kota Semarang bernama Shodikun mengaku sudah mempersiapkan sepuluh ekor sapi dagangannya itu untuk Idul Adha tahun ini.

 

Untuk menjaga kesehatan sapi ternaknya, dia bisa membersihkan kandang dan memandikan ternak sapinya ini setiap pagi. Selain itu dia juga menyiapkan pakan tambahan serta nutrisi tambahan. Dia berencana menambah sapi dari sejumlah peternak lain di Jateng, namun dia memilih langsung datang ke peternak, tidak membeli di pasar untuk mengantisipasi penyebaran penyakit. Sedangkan kambing, dia mengaku menyiapkan sekitar sepuluh ekor.

 

Harga sapi miliknya mulai pada kisaran dua puluh dua hingga dua puluh tiga juta untuk ukuran sedang dan puluhan hingga mendekati seratus juta untuk sapi ukuran besar. Sedangkan harga kambing pada kisaran tiga hingga tiga setengah juta rupiah per ekor.

 

Menurutnya harga hewan kurban saat ini kembali membaik dibanding tahun lalu saat diserang sejumlah penyakit. Dia berharap tahun ini para pembeli kembali antusias seperti saat sebelum terjadi serangan PMK maupun LSD.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x