Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kebutuhan Hewan Kurban di Semarang Diprediksi Naik 8 Ribu Ekor

Kompas.tv - 9 Juni 2023, 15:28 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Dinas Pertanian Kota Semarang memprediksi kebutuhan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1444 hijriah meningkat dibanding tahun lalu. Dari kebutuhan hewan kurban tahun lalu mencapai 7.865 ekor yang terdiri dari 1.997 sapi, 5.697 kambing, 169  domba serta dua ekor kerbau, pihaknya memprediksi kebutuhan hewan kurban tahun ini naik menjadi sekitar 8.000 ekor.

“Tahun kemarin itu kita ada 7.865 ekor, yang terdiri dari 1.997 sapi, kambing 5.697 kemudian domba 169  dan kerbau dua. Kita perkirakan tahun ini kira-kira naik jadi 8.000 lah, sekita itu,” kata Hernowo Budi Luhur, Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang.

Meski kebutuhan hewan kurban naik, namun dinas pertanian memastikan ketersediaan hewan kurban di Kota Semarang sangat mencukupi. Sebab hewan kurban di Kota Semarang juga dipasok dari sejumlah daerah pemangku seperti dari Kabupaten Kendal, Kabupaten Semarang, Kabupaten Demak hingga Kabupaten Blora.

Meski kasus wabah penyakit mulut dan kaki (PMK) tahun ini sudah mulai menurun, namun peternak dan masyarakat tetap diminta waspada. Selain itu, wabah lumpy skin disease (LSD) belum reda.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x