Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Jemaah Calon Haji Berburu Perlengkapan di Pasar Tiban

Kompas.tv - 9 Juni 2023, 15:10 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KUDUS, KOMPAS.TV - Para jemaah calon haji di Kabupaten Kudus,  Jawa Tengah, berburu aneka perlengkapan haji seperti kaos kaki, baju ihram, hingga topi.  Mereka berbelanja sejumlah perlengkapan sebelum berangkat ke Tanah Suci, di pasar tiban yang digelar di halaman gedung JHK Kabupaten Kudus . Tak hanya perlengkapan yang diburu, oleh-oleh haji seperti kurma, kismis dan air zam-zam juga banyak dicari. Pedagang mengaku  musim haji jadi berkah, karena omzet penjualan naik hingga dua kali lipat.

“Meningkat dari hari biasanya ya, sekarang biasa dua kali lipat, di sini disediakan oleh-oleh,” kata Rezqiana, penjual pernik haji.

Salah seorang jemaah calon haji mengaku cukup terbantu dengan keberadaan pasar tiban ini. Sebab dirinya tidak perlu jauh-jauh untuk membeli perlengkapan maupun oleh-oleh haji.

“Membantu lah, barangkali ada teman-teman calon jemaah haji yang belum beli kan bisa beli di sini,”  ujar Supaat,  calon haji.

Pasar tiban yang menjual perlengkapan dan oleh oleh haji ini biasanya dibuka saat pelaksanaan manasik haji yang digelar oleh Kementerian Agama Kabupaten Kudus. Para calon haji biasanya menyerbu pasar tiban usai melaksanakan bimbingan manasik haji.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x