Kompas TV regional sumatra

Naskah Hikayat Aceh Resmi Diakui UNESCO Sebagai Warisan Dunia

Kompas.tv - 9 Juni 2023, 12:40 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Di kutip dari situs Universitas Leiden, ada tiga manuskrip yang diusulkan ke UNESCO, dua diantaranya saat ini disimpan di Leiden dan satu lagi di Perpustakaan Nasional Indonesia. 

Badan PBB untuk organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan, UNESCO  menetapkan naskah Hikayat Aceh sebagai Memory Of The World atau Warisan Dunia pada 18 Mei lalu.

Naskah Hikayat Aceh ini tergolong sangat tua, karena ditulis pada abad 17. Naskah Aceh banyak menceritakan tentang Sultan Iskandar Muda, tentang perang, tentang Islam, serta hubungan aceh dengan negara luar seperti Portugal,  Cina dan Turki.

Untuk bisa di akses ke semua lapisan, naskah aceh yang sudah dialihbahasakan kedalam Bahasa Indonesia oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh akan dibagikan ke sekolah-sekolah. 

Selain Naskah Aceh, masih banyak manuskrip kuno, berada di Universitas Leiden Belanda dan Perpustakaan Nasional. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh berhadap bisa mencetak ulang Hikayat Aceh dan mendistribusikannya ke sejumlah sekolah serta desa di Aceh. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x