Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Awet dan Higienis, Daging Kurban Dikemas Bentuk Kalengan

Kompas.tv - 8 Juni 2023, 16:50 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jateng, KH Tafsir menjelaskan pentingnya memastikan hewan kurban dalam kondisi sehat dan layak untuk dikurbankan.

Sementara itu agar distribusi daging kurban merata dan tetap awet, Muhammadiyah Jateng melalui Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah, Lazismu akan membagikan hewan kurban dalam kemasan kaleng yang siap disantap.

Kemasan kalengan dipilih karena selain untuk ketahanan pangan dan bisa untuk logistik bencana jika sewaktu-waktu terjadi dan membutuhkan stok makanan. 

"Yang kita kalengkan, benar-benar yang sudah lolos tes kesehatan. Kita tidak boleh hanya halal, tapi juga harus sehat, " kata Dr. KH. Tafsir M.Ag, Ketua PW Muhammadiyah Jateng.

Muhammadiyah memastikan hewan kurban yang akan dibagikan ke masyarakat luas nanti, tidak hanya halal namun juga sehat dan higienis.

Dalam mempersiapkan hewan yang akan digunakan untuk kurban nantinya, Muhammadiyah Jateng bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan untuk melakukan pemeriksaan terhadap hewan, seiring munculnya virus Lumpy Skin Disease (LSD) yang menyerang hewan ternak. 

#hewankurban #harirayaiduladha #muhammadiyah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x