Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Atasi Antrean, Stasiun Tawang Terapkan Alat Pengenal Wajah

Kompas.tv - 7 Juni 2023, 13:35 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Daop IV Semarang mulai 1 Juni 2023 telah menerapkan fasilitas face recognition atau pengenalan wajah di boarding gate di Stasiun Semarang Tawang. Hadirnya face recognition boarding gate tersebut bertujuan untuk mempermudah pelanggan kereta api agar tidak repot menunjukkan berbagai dokumen seperti boarding pass, e-boarding, KTP maupun dokumen vaksinasi.

Dengan face recognition boarding gate pelanggan kereta api cukup memindai wajah untuk bisa menyelesaikan proses verifikasi seluruh data, dengan begitu gate akan otomatis terbuka. Untuk menikmati fasilitas tersebut, pelanggan harus melakukan satu kali registrasi di awal yang berlaku untuk selamanya. Registrasi dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada alat e-KTP reader, kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang ada di e-KTP reader.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan, fasilitas ini merupakan inovasi yang diberikan PT KAI untuk memberi kemudahan dan efisien bagi pelanggan kereta api.

Penerapan face recognition boarding gate diharapkan semakin mempermudah pelanggan dalam melakukan perjalanan. Selain di Stasiun Semarang Tawang, fasilitas face recognition boarding gate juga telah diterapkan dibeberapa stasiun lainnya seperti Stasiun Gambir, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Malang dan Stasiun Cirebon.

#ptkai #semarang #stasiuntawang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x