Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Nikimatnya Soto Sambal Kacang Legendaris Khas Banyumas

Kompas.tv - 5 Juni 2023, 13:49 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BANYUMAS, KOMPAS.TV - Soto ayam legendaris khas Banyumas menjadi kegemaran warga sejak tahun 70-an, tak hanya rasanya yang lezat, cara penyajiannya pun berbeda dengan soto pada umumnya.

Hhmm...gurih, manis bercampur dengan pedas dari sambal, dan paling nikmat jika disantap selagi masih hangat. Inilah Soto Ayam Jalan Bank Haji Loso  yang menjadi kegemaran warga Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Dalam satu mangkuk Soto Haji Loso, terdapat ketupat, toge atau kecambah, mi soun dan daging ayam tentunya. Ini dia yang unik, soto ini ditambahkan dua jenis kerupuk yakni kerupuk mi dan kerupuk soto.

Warung soto ini terbilang legendaris karena dibuka sejka tahun 1970-an. Tak heran banyak pembeli setia yang sudah menjadi pelanggan sejak lama.

"Soto jalan bank ini saya dengar informasi dari teman-teman itu legend di Purwokerto. Rasanya itu buket, kemudian seger, manis, asin dan salah satu keunikannya kan ada bumbu kacangnya," jelas Putra, pelanggan Soto Jalan Bank. 

Satu lagi keunikan dari soto ayam ini, yakni adanya sambal kacang yang kental. Ketika soto diaduk, aroma kuah yang berasal dari kaldu ayam yang tercampur dengan roma sambal kacang sangat menggugah selera.

"Khasnya jadi disini kaldunya pakai ayam kampung, terus sambalnya sambal kacang. Untuk rasa kentelnya kentel dari soto itu. Mungkin yang lain pakai santan, kita nggak pakai. pakainya sambal kacang, kaldunya dari rebusan ayam kampung," ungkap Ade Sumarto, penjual Soto Jalan Bank.

Untuk menikmati soto legendaris ini anda hanya perlu merogoh kocek Rp 20.000 dan siap-siap mengantre jika anda datang di akhir pekan.

#banyumas #soto #kulinerbanyumas

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x