Kompas TV regional jawa tengah dan diy

3 Ribu Personel Polda Jateng Amankan Perayaan Waisak

Kompas.tv - 2 Juni 2023, 11:32 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Guna menjamin keamanan selama rangkaian perayaan Waisak di Jawa Tengah, Polda Jawa Tengah menerjunkan 3 ribu lebih personelnya. Personel keamanan tersebut tak hanya disiapkan untuk pengamanan di Candi Borobudur saja, melainkan disebar di 114 titik di tempat ibadah umat Buddha di Jawa Tengah. Termasuk lokasi yang dijadikan tempat rangkaian prosesi perayaan Waisak, seperti  prosesi pengambilan air suci di Umbul Jumprit di Kabupaten Temanggung, dan prosesi pengambilan api abadi di Mrapen Kabupaten Grobogan.

"Waisak ini kan nanti puncaknya tanggal 4, tapi sebelum tanggal 4 sudah ada kegiatan-kegiatan lain yang menyertai. Oleh sebab itu pengamanan dilakukan oleh Polda Jateng itu secara menyeluruh, bukan hanya di Candi Borobudur, tetapi diseluruh wilayah Jawa Tengah yang ada kegiatan Waisak," kata Kombes Pol. Basya Radyananda, Karo Ops Polda Jawa Tengah.

Pengamanan maksimal selama rangkaian prosesi perayaan Waisak tersebut dilakukan untuk meminimalisir adanya gangguan keamanan dan ketertiban, sehingga umat Buddha bisa menjalankan ibadah secara khusuk.

#waisak #umatbuddha #poldajateng

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x