Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Jelang Waisak, Umat Buddha Bersih-bersih Wihara

Kompas.tv - 1 Juni 2023, 12:21 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kegiatan bersih-bersih altar persembahyangan memang rutin diadakan oleh umat Buddha Vihara Tanah Putih, Kota Semarang, setiap menjelang Hari Raya Trisuci Waisak yang jatuh pada tanggal 4 Juni 2023 nanti.

Para umat Buddha membersihkan seluruh kompleks vihara, mulai dari ruang pertemuan, tempat beribadah, tempat pembakaran dupa dan  altar. Untuk menghiasi area halaman Vihara Tanah Putih, para umat Buddha juga memasang pernak-pernik seperti lampion dan bendera buddhis. Bendera buddhis terdiri dari warna biru, kuning, merah, putih, dan jingga. Warna ini melambangkan warna aura yang keluar dari sang Buddha.

Tak hanya kegiatan bersih-bersih, pengurus Vihara Tanah Putih telah mempersiapkan air suci Waisak 2657 Be, yang setiap hari dibacakan doa-doa paritta suci oleh para umat dan juga bhikkhu. Nantinya air suci Waisak ini akan dibagikan kepada umat Buddha dan juga yang membutuhkan.

Diperkirakan akan ada 200 umat Buddha yang akan melakukan ibadah upacara perayaan Hari Raya Trisuci Waisak di Vihara Tanah Putih Kota Semarang, pada 4 Juni 2023.

#waisak #viharatanahputih #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x