Kompas TV regional papua maluku

Perkenalkan Kebudayaan Suku Moi Kepada Ganerasi Muda

Kompas.tv - 31 Mei 2023, 16:26 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Untuk membangkitkan kembali kecintaan dan pengetahuan generasi penerus akan budaya suku Malamoi yang merupakan suku asli di Sorong. Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi melaksanakan seminar kebudayaan suku Moi.  

Seminar kebudayaan suku Moi yang berlangsung Rabu (31/05/2023), di Kabupaten Sorong mengangkat tema napak tilas suku moi di Negeri Malamoi, mau mengangkat kembali suku Moi kepada generasi milenial pada usia produktif, sehingga dapat dimengerti.

Berdasarkan pengamatan akademisi kebudayaan suku Moi dapat dilihat dari berbagai hal, mulai dari ritual adat, pentas seni dan makanan khas dari suku Moi, yang semuanya akan dibuat dalam suatu festival budaya, untuk diperkenalkan bagi generasi muda. 

Kegiatan ini disambut baik oleh penjabat Bupati Kabupaten Sorong, Yan Piet Moso. Pemerintah sangat mendukung pengembangan kebudayaan suku moi, dimana dengan pengembangan kebudayaan ini harus menjadi nilai ekonomi bagi masyarakat itu sendiri, tidak hanya sekedar diperkenalkan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x