Kompas TV regional sumatra

Melihat Aktivitas Pandai Besi Tradisional Aceh Besar

Kompas.tv - 30 Mei 2023, 12:38 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH BESAR, KOMPAS.TV - Seperti usaha pandai besi yang di jalankan Tarmizi, warga Gampong Lam Blang Manyang, Darul Imarah Aceh Besar ini. Usaha kerajinan produk olahan besi miliknya ini sudah dijalankan secara turun temurun sejak tahun 1930 an. Tarmizi merupakan generasi ke empat yang mengelola usaha pande besi dengan nama Pande Besi Sulaiman.

Saat ini, Tarmizi masih mempertahankan usahanya itu dengan memproduksi berbagai jenis olahan besi seperti parang, arit, pisau dapur maupun melakukan rehab atau perbaikan parang atau pisau dapur milik konsumen secara tradisional. Bahan baku yang di gunakan adalah per mobil bekas, yang dibelinya seharga 10 ribu perkilogramnya.

Tarmizi kini mempekerjakan delapan orang warga yang membantunya setiap hari. Sehari usaha pandai besinya mampu memproduksi parang, pisau, arit dan jenis olahan besi lainnya hingga 30 buah. Parang dan arit dijual seharga 130 sedangkan pisau dapur di jual 50 ribu per buah. Semua produk yang dihasilkan dijual ke agen yang membeli produk miliknya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x