Kompas TV regional berita daerah

Rombongan Biksu Tudhong dari Thailand Tiba di Pekalongan

Kompas.tv - 29 Mei 2023, 17:56 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Rombongan Bhante atau biksu yang melakukan ritual tudhong dengan berjalan kaki dari Thailand menuju Candi Borobudur, Kamis siang tiba di wilayah Pekalongan. Tampak ribuan warga dari semua kalangan tumpah ruah berjejer di pinggir jalan untuk melihat langsung rombongan para biksu ini.

 

Bahkan, sejumlah warga keturunan tampak setia menunggu kedatangan rombongan dengan menyiapkan sejumlah perbekalan. Aksi ini dilakukan warga untuk mendapat berkah dari para biksu yang tengah melakukan ritual.

 

Setelah menempuh perjalanan dari Klenteng Tjeng Gie Bio Ulujami Pemalang, 32 biksu beserta rombongan tiba di Kanzus Sholawat Habib Luthfi bin Ali Yahya. Mereka hanya minum air putih dan teh khas Pekalongan yang disajikan.

 

Kedatangan para biksu ini disambut ribuan warga dan pimpinan daerah. Perwakilan biksu mengaku terharu dengan antusias dan toleransi masyarakat Pekalongan.

 

Tradisi ritual thudong dari Bangkok - Thailand ke Indonesia dengan tujuan ke Candi Borobudur adalah sebagai salah satu bentuk perjalanan religi dalam merayakan hari raya Waisak. Rombongan diperkirakan akan tiba di Borobudur pada 1 Juni mendatang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x