Kompas TV regional berita daerah

Kedatangan Rombongan Biksu Thudong Thailand di Tegal Disambut Meriah oleh Warga

Kompas.tv - 25 Mei 2023, 16:27 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Ratusan warga Kota Tegal menyambut kedatangan rombongan biksu Thu Dong Thailand di sepanjang jalur Pantura dan jalan protokol pada Selasa sore. Tak hanya warga, ratusan pelajar juga ikut menyambut para biksu. Saat tiba di Klenteng Tek Hay Kiong Tegal, rombongan 32 biksu juga disambut meriah dengan kesenian barongsai dan ratusan umat Buddha yang memenuhi klenteng. Sebelum melanjutkan ritual Sangga Puja, para biksu langsung beristirahat karena cuaca yang cukup panas saat perjalanan dari Brebes hingga Kota Tegal.

 

Ketua Yayasan Tri Dharma, Gunawan, mengatakan kedatangan para biksu atau bante merupakan suatu kehormatan dan keberkahan bagi umat Buddha di Kota Tegal. Sehingga masyarakat sangat antusias menyambut para biksu di Klenteng Tek Hay Kiong. Umat Buddha juga melakukan penghormatan khusus kepada para biksu dalam ritual Sangga Puja pada Selasa malam. Upacara ini merupakan pemberian jubah, makanan dan obat-obatan bagi para biksu sebagai penerus dan pembimbing umat Buddha.

 

Klenteng Tek Hay Kyong merupakan tempat peribadatan bagi umat Buddha, Konghucu dan Tao yang berdiri sejak 1837. Rencananya ke-32 biksu Thu Dong Thailand akan kembali melanjutkan perjalanan ke Pantai Purwahamba Indah Kabupaten Tegal hingga tujuan akhir Candi Borobudur Magelang untuk merayakan Hari Raya Waisak pada 4 Juni mendatang.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.