Kompas TV regional jawa timur

Olah TKP Raibnya Patung Ganesa, Polisi Menduga Jatuh ke Kawah Bromo

Kompas.tv - 22 Mei 2023, 20:48 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Kepolisian Resor Probolinggo Jawa Timur menggelar olah tempat kejadian perkara hilangnya patung ganesa di kawah gunung bromo. Olah tkp melibatkan masyarakat adat dan hasilnya diduga patung ganesa jatuh ke dalam kawah.

Pasca hilangnya patung ganesha di bibir kawah gunung bromo Kabupaten Probolinggo, penjagaan di jalur pendakian diperketat. Penjagaan dilakukan karena polisi, petugas taman nasional bromo tengger semeru dan masyarakat adat melakukan olah TKP lanjutan. Penyelidikan dilakukan untuk menemukan jejak hilangnya patung.

Hasilnya, polisi menemukan beberapa kain pengikat patung berwarna putih dan kuning di bibir kawah sedalam 50 meter. Polisi juga menemukan guguran arca yang diyakini bekas patung ganesha. Berdasarkan temuan ini, polisi berkesimpulan patung ganesha jatuh ke dalam kawah. Patung jatuh karena faktor alam dan lapuknya meja penopang patung.

Baca Juga: Patung Ganesha Umat Hindu di Gunung Bromo Hilang Misterius

Umat hindu suku tengger akan membangun kembali patung ganesha di bibir kawah bromo sebelum upacara yadnya kasada pada pertengahan Juni 2023.

 

#ganesha #umathindu #gunungbromo #sukutengger #probolinggo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x