Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Calon Haji Tertua di Jateng Siap Berangkat ke Tanah Suci

Kompas.tv - 22 Mei 2023, 10:58 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

REMBANG, KOMPAS.TV - Impian Mbah Suminah  warga Desa Pengkol, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji akhirnya terwujud tahun ini. Mbah Suminah saat ini berusia 103 tahun, dan menjadi salah satu calon jemaah haji yang mendapatkan kuota haji prioritas lansia. Bahkan, nenek kelahiran tahun 1920 ini tercatat sebagai jemaah haji tertua di Jawa Tengah.

Keberangkatannya tahun ini sudah menjadi impian selama tujuh tahun. Mbah Suminah hanya bermodal keyakinan. Pasalnya, ia baru mendaftar haji tahun 2016 lalu.

Mbah Suminah awalnya akan berangkat haji di tahun 2021 lalu. Namun, keberangkatannya tertunda karena adanya pandemi Covid-19. Di usianya yang ke 103 tahun ia bersyukur masih diberikan kesempatan untuk menunaikan rukun Islam yang kelima.

Untuk melunasi seluruh biaya haji, Mbah Suminah ikhlas menjual sepasang sapi serta tiga ekor kambing peliharaannya. Bagi Mbah Suminah,  doa meminta kesehatan terus dipanjatkan agar ibadahnya lancar.

"Nyiwun slamet, nyiwun panjang umur, nyiwun diparingi sakit kulo waras, diparingi sehat (mintak keslamatan, mintak panjang umur, mintak dikasih kesembuhan dan kesehatan) ," kata Mbah Suminah.

Mbah Suminah berangkat menunaikan ibadah haji tanpa didampingi oleh keluarganya. Pihak keluarga pun telah menitipkan Mbah Suminah kepada petugas haji, dan akan diberikan fasilitas kuris roda saat di Tanah Suci.

Tahun 2023 ini ada 10.166 kuota haji prioritas lanjut usia, dan calon jemaah yang berusia diatas 65 tahun akan terdaftar di dalam kuota prioritas lansia.

#haji #tanahsuci #calonhajitertua

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x