Kompas TV regional berita daerah

Kreatif, Bank Sampah Tobelo Pura Hasilkan Produk Kerajinan Tangan

Kompas.tv - 21 Mei 2023, 14:51 WIB
Penulis : KompasTV Palu

PALU, KOMPAS.TV - Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menangani permasalahan sampah seperti yang dilakukan oleh bank sampah Tobelo Pura Kota Palu Sulawesi Tengah, yaitu dengan mengolah sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis .

Didirikan pada tahun 2019, Bank Sampah Tobelo Pura yang berlokasi di jalan Gunung Bosa Kelurahan Lolu Utara Palu Timur ini menjadi salah satu bank sampah pertama yang ada di Kota Palu. Bank sampah ini mengolah sampah organik maupun anorganik menjadi berbagai macam kerajinan yang bernilai ekonomis.

Anti salah satu pengarajin Bank Sampah Tobelo Pura, mengaku sampah yang dikumpulkan dari nasabah, donatur dan para pecinta lingkungan ini didominasi oleh sampah an-organik seperti botol plastic, kaleng dan kardus bekas.

Ditangan kreatif anti inilah kemudian limbah plastik tadi disulap menjadi tas, tempat tisu, vas bunga serta kerajinan tangan lainnya. Harga yang dibandrol mulai dari Rp.5.000 sampai yang tertinggi yaitu Rp.350.000 tergantung dari tingkat kesulitan pembuataannya.

Sementara itu Lilayanti Sekretaris Bank Sampah Tobelo Pura mengharapkan dukungan dari pemerintah Kota Palu agar bank sampah yang dikelola oleh kelompoknya bisa lebih berkembang dan dikenal oleh masyarakat demi mengurangi permasalahan sampah yang ada di Kota Palu.

#KerajinanTangan #BankSampahTobeloPura #LimbahPlastikdanKertas 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x