Kompas TV regional sumatra

Waspada Gelombang Tinggi Perairan Utara Sabang Hingga 4 Meter

Kompas.tv - 19 Mei 2023, 20:45 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Gelombang tinggi perairan Aceh yang dapat mencapai empat meter atau lebih diprediksi akan berpotensi terjadi di wilayah perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, Samudera Hindia barat Aceh dan sekitarnya. Tinggi gelombang ini, disebabkan oleh belokan angin dan pertemuan angin serta menghangatnya suhu permukaan laut di wilayah Samudera Hindia bagian barat Aceh yang dapat meningkatkan potensi awan hujan di Aceh.

Data dari BMKG Stasiun Meteorologi Kelas 1 Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, memprediksi saat ini tinggi gelombang di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh dan Samudera Hindia bagian barat terpantau rata rata mencapai 2,5 hingga 3 meter dan dapat berpotensi mencapai empat meter atau lebih.

Kepada nelayan dan kapal penyebarangan di minta untuk waspada terhdap perubahan tinggi gelombang perairan wilayah Aceh. Walaupun saat ini masih aman di untuk dilalui karena berada di rentang 0,5 hingga 2,5 meter. Namun perubahan cuaca dapat terjadi yang menyebabkan gelombang tinggi perairan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x