Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Distributor: Harga Ayam Hidup Naik Hingga Rp 3.000 Per Kilogram

Kompas.tv - 19 Mei 2023, 13:19 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Naiknya harga daging ayam potong di pasaran, juga terjadi pada harga ayam hidup di tingkat distributor. Kenaikan harga pakan disebut menjadi salah satu penyebab naiknya harga jual ayam hidup.

Dari pantauan tim Kompas TV di RPU Penggaron Kota Semarang, para distributor mengaku kenaikan harga ayam hidup sudah terjadi di tingkat peternak. Naiknya harga ayam hidup terjadi secara berangsur-angsur mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 3.000 per kilogramnya. Saat ini harga ayam hidup jenis pejantan di tingkat distributor mencapai Rp 37.500 per kilogramnya. Sementara harga ayam hidup jenis broiler mencapai Rp 26.000 per kilogram. Diduga naiknya harga ayam dipicu oleh beberapa faktor seperti stok ayam yang berkurang dari peternak, harga pakan naik dan biaya transportasi.

"Karena stok ayam sudah menipis dan belum ada panenan yang besar, jadi harga naik," ujar Toni, pedagang distributor ayam.

Selain harga ayam potong yang kian mahal, para distributor ayam hidup juga mengeluhkan daya beli masyarakat yang juga turun.

#ayam #semarang #penggaron

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x