Kompas TV regional jawa timur

Penjualan Pernak Pernik Calon Haji Laris Manis

Kompas.tv - 18 Mei 2023, 20:52 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Selain persiapan fisik dan mental, calon jamaah haji juga tengah mempersiapkan segala kebutuhan untuk beribadah di tanah suci. Hal ini membawa dampak positif bagi penjual pernak pernik haji yang dagangannya laris manis diburu calon jamaah haji.

Selain kebutuhan dasar yang sudah disiapkan, pernak pernik ibadah haji seperti alas kaki, sarung tangan, kaos hingga kacamata hitam nampaknya juga menjadi hal penting untuk dipersiapkan bagi calon jamaah haji.

Maka tak heran, di tengah persiapan calon jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci, sebagian dari mereka tengah sibuk berburu pernak pernik yang akan dibawa selama menjalankan ibadah haji. Endang, salah satu calon jamaah haji asal Kota Malang ini mengaku selain menyiapkan fisik dirinya juga tengah mempersiapkan beberapa kebutuhan untuk dibawa ke tanah suci.

"Ini tadi beli sarung tangan sama daleman buat kerudung, semua sudah disiapkan dan tinggal pendalaman," Kata Endang.

Sementara itu Ali Wahyudin, salah satu penjual pernak pernik haji asal Tegal Jawa Tengah ini menyampaikan, setiap musim haji, dirinya berjualan kebutuhan tambahan untuk persiapan calon jamaah haji. 

Menurutnya di tengah cuaca yang panas dan terik di Arab Saudi, kacamata hitam dan topi menjadi barang yang paling diburu oleh calon jamaah haji. 

"Selain kaos juga kacamata hitam, di sana kan panas, kalo dari luar terus masuk ke dalam tiba tiba gelap, kalo pake kacamata hitam jadi biasa," Terangnya.

Pedagang ini juga menambahkan, selama satu bulan penuh dirinya berkeliling ke beberapa daerah di Jawa Timur untuk menjajakan barang dagangannya. Dalam satu bulan omzet yang didapat pedagang ini hingga Rp 100 juta.

#calonjamaahhaji #pernakpernikhaji



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x